Berenang Senang di Karimun Jawa


Jawa Tengah - Snorkeling & Diving - 313 Hits

Kenapa orang-orang lebih terobsesi sama Wakatobi atau Raja Ampat ketimbang main ke Karimun Jawa yang jauh lebih deket dan lebih murah? Jawabannya, karena semut di seberang lebih keliatan daripada gajah di pelupuk mata. Ini sesuai sama arti nama Karimun Jawa sendiri yaitu kremun-kremun atau samar-samar. Orang-orang cenderung nganggep kalo laut yang bagus ya cuma ada wilayah timur aja. Padahal, di hadapan mereka ada kepulauan yang gak cuma punya pantai pasir putih tapi juga kehidupan bawah laut yang warna-warni. Yak, itu dia Karimun Jawa!

Kalo kayak gini Chelsea Islan mah kalah bening gaesss! Via instagram.com/alfitsaputro

Karimun Jawa adanya di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di sebelah utara Jepara. Lokasinya, kira-kira 4 jam perjalanan laut dari Pelabuhan Kartini Jepara pake kapal ferry. Kalo mau lebih cepet, elo bisa milih kapal cepat dari Semarang. Lebih mahal sedikit, tapi bisa irit 1 jam perjalanan. Tapi, kalo mau ngerasain suasana asiknya, ya naik fery aja. Bakal banyak banget traveler lain, dan kebanyakan bule, yang bisa diajak sharing cerita. Enam jam perjalanan pun gak akan kerasa, bahkan mungkin bakal kurang. 

Karimun Jawa itu sebenernya bukan pulau, tapi kepulauan. Sebagai pulau terbesar dan pulau utama, Pulau Karimun Jawa pun jadi yang paling terkenal. Padahal, masih ada sekitar 26 pulau lainnya yang malah jauh lebih bagus dari si Karimun Jawanya sendiri. Ya maklum, Pulau Karimun Jawa ini jadi pusat peradaban dimana 8000an penduduk tinggal di sini. Jadi, pantainya udah jarang karena udah banyak bangunan, walaupun air lautnya masih aja tetep jernih.

Renang-senang ala Karimun Jawa. Asooooy~~ Via instagram.com/alfitsaputro

Idealnya, saat elo ke Karimun Jawa, lo gak cuma berenang-senang di Pulau Karimun Jawa aja. Tapi, island hopping dari satu pulau ke pulau lainnya. Untuk itu, lo harus banget nyewa kapal nelayan karena jarak satu pulau ke pulau lainnya gak deket, jadi gak bisa tuh lo ngandelin keahlian renang kelas atlit lo buat island hopping di Karimun jawa (yaiyalaaah!). Nah, karena pulau yang wajib lo kunjungin ada 8 pulau, makannya lo harus nyewa kapalnya untuk 2 hari. Masing-masing sehari 4 pulau, biar puas renang-senangnya, biar semua pulau tuntas dikencingin. :p

Kedelapan pulau yang wajib lo kunjungin di Karimun Jawa itu punya keunikan masing-masing. Makannya, berenang-senang di sana gak akan ngebosenin karena kedelapan pulau itu ngasih kejutan yang beda satu sama lain. Misalnya aja Pulau Gosong. Di Pulau Gosong ini, elo gak akan nemuin pepohon sama sekali, apalagi warung kopi buat neduh. Atau, Alfamart buat sekedar ngadem kena AC. Gak, gak akan ada. Karena Pulau Gosong ini isinya cuma hamparan pasir maha luas yang keliatan gak berbatas. Makannya, elo harus siap kalo kulit lo jadi gosong, ya sesuai lah karena namanya juga Pulau Gosong. Tapi beneran deh, perpaduan pasir putih tanpa batas sama air lautnya yang masih super biru bikin elo gak akan peduli lagi sama kegosongan kulit lo itu. Iya beneran! :>

Hamparan pasir putih maha luaaaas di Pulau Gosong. Via instagram.com/alfitsaputro

Selain itu, keunikan lainnya juga ada di Pulau Cemara Besar dimana pulau ini punya ikan warna-warni yang nunggu buat dikasih makan. Di sini, elo bisa bebas tuh ngasih makan gerombolan ikan-ikan laut. Ngasih makannya juga bukan dari atas kapal, tapi langsung nyebur dan renang-senang bareng mereka. Pokoknya harus siap-siap dikerubutin banyak ikan yak! Seru banget sumpah.

Berenang-senang bareng hiu, berani? Via instagram.com/alfitsaputro

Belum puas berenang-senang bareng gerombolan ikan-ikan laut tadi? Tenang aja, Kepulauan Karimun Jawa punya tempat spesial buat lo yang gak gampang terpuaskan itu, kok. Siap-siap kaget karena di Pulau Menjangan Kecil ada tempat penangkaran hiu. Iya, hiu yang jadi bintangnya Film Jaws itu. Yang giginya tajem macem gergaji dan tega ngoyak-ngoyak tubuh mangsanya sekali doi nyium bau darah. Tapi tenang, hiu yang ada di penangkaran ini adalah hiu jenis jinak alias gak doyan makan manusia. Jangankan gigit, niat buat deketin kita aja gak ada tuh. Mereka malah malu-malu dan cenderung ngehindarin kita. Jadi, bisa lah elo berenang-senang bukan cuma sama gerombolan ikan kecil-kecil tapi juga sama keluarga predator laut nomer satu. Berani gak?

Senja = pulang. Via instagram.com/alfitsaputro

Puncak selebrasi dari acara berenang-senang di Kepulauan Karimun Jawa ya jelas dengan minum es kelapa seger langsung dari batoknya sambil nontonin sunset di Tanjung Gelam. Seakan jadi momen perpisahan, matahari pun tenggelam dengan dramatisnya dan menjadi penutup 2 hari yang gak mungkin dilupain. Tanda kita harus istirahat, mengembalikan energi untuk siap-siap pulang ngarungin laut lagi besok hari. Ah, Karimunjawa. Gue jadi kangen kan tuh :'>

Ada yang mau ke sana buat nemenin gue yang terlanjur kangen? Tanggung jawab! :'>

 

1. CARA KE KARIMUN JAWA

Kapal Fery ke Karimun Jawa

  • KMP Siginjai dari Jepara ke Karimun Jawa berangkat dari Pelabuhan Kartini setiap hari Senin, Rabu dan Sabtu. KMP Siginjai ini jadi pilihan paling murah buat elo yang mau budget-travel. Harga satu tiket ekonomi Rp 42.000 dan bisnis Rp 96.000 (2014). Pembelian tiket cuma bisa dilakukan di tempat alias gak bisa dipesan. Jadwal keberangkatan kapal ini jam 9 pagi, tapi kalo tiket udah abis dan kapal udah keisi, doi gak akan nunggu-nunggu lagi, jam 8 juga udah jalan. Lama perjalanan kurang lebih 4 jam.

           Untuk jadwal kepulangan, KMP Siginjang berangkat setiap Selasa, Kamis dan Minggu                dari Pelabuhan Karimun Jawa dengan jam keberangkatan jam 8 pagi.

  • Kapal Cepat Express Bahari 2C dari Jepara ke Karimun Jawa berangkat dari Pelabuhan Kartini setiap hari Senin (jam 10.30), Selasa (jam 10.30), Jumat (jam 2 siang) dan Sabtu (jam 10.30). 

           Untuk kepulangan, kapal ini berangkat setiap hari Senin (jam 1 siang), Rabu (jam 10.30),            Sabtu (jam 8 pagi) dan Minggu (jam 2 siang).
           Harga tiket Rp 95.000 (eksekutif) dan Rp 75.000 (bisnis). 
           Lama perjalanan kurang lebih 3 jam.

  • Kapal Cepat Express Bahari Chantika 89 dari Jepara ke Karimun Jawa berangkat dari Pelabuhan Kartini setiap hari Selasa (jam 10.30), Jumat (jam 9 pagi) dan Sabtu (jam 10.30). 

           Untuk kepulangan, kapal ini berangkat setiap hari Senin (jam 9 pagi), Rabu (jam 10.30)                dan Minggu (jam 9 pagi).
           Harga tiket Rp 90.000 (eksekutif) dan Rp 75.000 (bisnis).
           Lama perjalanan kurang lebih 3 jam.

  • KMC Kartini dari Semarang ke Karimun Jawa berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas setiap Sabtu jam 9 pagi. Untuk kepulangan dari Karimun Jawa ke Semarang berangkat setiap hari Minggu jam 1 siang. Harga tiket Rp 130.000 (eksekutif) dan Rp 110.000 (bisnis). Lama perjalanan kurang lebih 3 jam.


Untuk pemesanan tiket, sebaiknya satu bulan sebelum keberangkatan karena ya itu kan rame banget. Bisa hubungin Bapak Novera 0823 2545 6161 untuk pesan tiket express chantika/bahari atau ASDP indonesia +62 291 591048 untuk pesan tiket KMP Siginjang.

Bus dari Jakarta ke Jepara

Ada banyak jenis bus dari Jakarta ke jepara. Untuk kelas bisnis Ac Non toilet, tarif sekitar Rp 90.000-110.000 (tahun 2012). Untuk kelas eksekutif Ac Toilet, tarif sekitar Rp 120.000-150.000 (tahun 2012).
Operator yang tersedia antara lain Bus Shantika (dari Terminal Pulogadung dan Lebak Bulus jam 4.30 sore), Nusantara, Bejeu (dari Pulogadung, Lebak Bulus, Cikarang jam 4.30 sore), Haryanto dan Muji Jaya.

Bus dari Bandung ke Jepara

Operator bus yang melayani rute Bandung-Jepara antara lain Bandung Express (dari Terminal Cicaheum jam 19.30, tarif 85.000 [tahun 2013]), Kramat Jati dan Shantika. 

Bus dari Surabaya ke Jepara

Operator bus dari Surabaya ke Jepara antara lain Bus Indonesia dan Jaya Utama. Berangkat dari Terminal Bungurasih jam 8 pagi, 8.30 malam dan 9.30 malam. 
Untuk kepulangannya, berangkat dari Terminal Jepara jam 7 pagi, 7.30 pagi dan 4.30 sore. 

Bus dari Malang ke Jepara

Dari Malang ke Jepara bisa naik Bus Nusantara atau dengan menggunakan alternatif travel.

Bus dari Semarang ke Jepara

Dari Semarang, naik mini bus dari Terminal Terboyo ke Jepara. Ongkos sekitar Rp 15.000. kalo mau gampang, bisa naik travel. Salah satu operator yaitu Travel Bejeu dengan Rp 30.000 (081567992955 - 085290501977).

Becak dari Terminal Jepara ke Pelabuhan Kartini

Jarak terminal ke pelabuhan gak terlalu jauh, jadi lo sebenernya bisa jalan kaki sambil itung-itung olahraga pagi. Tapi, kalo bis lo nyampenya udah mepet sama jadwal kapal, mending pilih naik becak kira-kira Rp 10.000-15.000, tergantung jagonya lo nawar.

Kereta ke Karimunjawa

Kalo mau naik kereta, elo cuma bisa sampe Kota Semarang aja karena di Jepara nyatanya gak ada stasiun. Dari Semarang bisa lanjut naik bus atau travel seperti yang udah dibahas di atas.

2. PENGINAPAN DI JEPARA

Kalo pengen bermalam dulu di Jepara sebelum nyebrang ke Karimunjawa, bisa pilih penginapan Pak Rochim. Untuk booking bisa telpon di 081326179699 - 085226622704

3. PENGINAPAN DI KARIMUNJAWA

Yang paling recommended itu Penginapan Wisma Apung. Bentuknya kayu-kayu dan ada di atas laut, bisa langsung nyebur saat bangun tidur. Selain itu, di bawah penginapan ada hiu-nya juga, jadi ada hiburan. Akses menuju Wisma Apung biasanya disediain sama yang punya penginapan, jadi akan dijemput di pelabuhan. Untuk booking bisa telpon Bu Nurul 0813-2511-0999. Rate permalam Rp 150.000 (tahun 2013). 

Selain itu ada juga Kurakura Resort. Rate permalamnya berkisar antara Rp 3 jutaan.

Kalo mau yang murah, bisa dateng aja ke sekitaran alun-alun. Di sana banyak homestay yang disewain oleh penduduk. Ratenya permalam antara Rp 50.000-70.000 (tahun 2012). Cuma karena gak ada telpon yang bisa dihubungin, elo jadi semacam gambling apakah dapet penginapan atau enggak.

4. HARGA SEWA KAPAL DI KARIMUNJAWA

Karena Karimunjawa bentuknya kepulauan, makannya elo harus nyewa kapal buat islands hopping. Untuk satu harinya, penyewaan kapal di Karimunjawa berkisar antara Rp 450.000-700.000 (tahun 2012). Harga ini tergantung banyak dan jauhnya pulau yang pengin didatengin dan juga tergantung kesepakatan tentang makan siang apakah sudah termasuk atau belum. Biaya sewa tersebut biasanya belum termasuk dengan guide yang biasanya dibayar Rp 100.000 perhari (tahun 2012). Dan juga, belum termasuk alat snorkel makannya kalo bisa bawa sendiri atau sewa dengan pemilik kapal. Untuk sewa alat snorkel, satu hari biayanya 35.000 (tahun 2012).

5. PAKET KARIMUNJAWA

Kalo elo solo-backpacker dan pengen nyari murah, saran gue sih ya ikut gabung sama paket tur. Untuk yang 4H3M paketnya Rp 650.000 udah include kapal Jepara-Karimunjawa PP, penginapan, sebagian makan dan yang terpenting udah termasuk biaya sewa kapal untuk keliling pulau selama 2 hari. Pake paket ini akan jadi lebih murah karena kalo lo ngotot berangkat sendiri berarti lo harus sewa penginapan sendiri dan sewa kapal sendiri yang harga perharinya bisa sampe Rp 700.000 itu. 

Selain karena lebih murah, pake paket juga lebih simpel karena lo gak perlu ngantri-ngantri atau khawatir keabisan tiket kapal Jepara-Karimunjawa karena semuanya udah diurusin sama operator. Dan juga, yang lebih seru adalah lo akan ketemu temen-temen baru. Gue sih waktu itu ke sana sendiri dan pulang-pulang bawa 9 orang temen baru! Renang-senang di Karimunjawa pun jadi gak garing dan mati gaya karena ada temen yang bisa diajak ketawa-ketiwi ngomongin orang dari rombongan tur lain. :)))

Berangkat sendiri, pulang bawa temen banyak \:D/ Via instagram.com/alfitsaputro


#Travel #Liburan #Alam
editor
Editor alfitrahmat saputro
working in an agency doesn't deter him to keep exploring Indonesia in any free time he had. As a matter of fact, he, who wanted to write a book someday, seems to always be the first person among his friends that has visited any newly-hip beach destination

Rekomendasi Kami

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.