Goa Rangko, Goa Super Lengkap di Flores


Nusa Tenggara Timur - 330 Hits

Sudah pada tahu Goa Kristal di Kupang atau Goa Mangku Haji di Maratua kan? Nah ternyata goa serupa juga ada loh di Flores, dekat daerah Labuan Bajo, tepatnya di Desa Rangko. Namun, wisata ini belum terlalu banyak didatangi orang karena masih sedikit yang tahu dan akses ke sana yang cukup sulit.

 

Kalau dilihat dari atas, Goa Rangko terlihat mirip banget sama Goa Kristal yang ada di Kupang. Perpaduan antara airnya yang biru bening dengan stalaktit dan stalakmit yang memukau membuat Goa Rangko ini wajib banget dikunjungi.

via instagram.com/kristi_rise

Untuk sampai kesini, kamu harus menyeberang dengan perahu motor dari Desa Rangko dengan biaya sewanya sekitar Rp 300.000 untuk PP.

via instagram.com/riikoperdanaputra

Dan setelah itu kamu akan melewati jembatan superpanjang yang instagramable untuk sampai ke Goa Rangko ini.

via instagram.com/alhendri7

Kalau kamu lagi beruntung dan datang sebelum jam 10, kamu bisa mampir ke Pulau Gusung yang muncul kalau air laut surut dan hilang setelah jam 11 siang.

via ifanishere.com

Untuk bisa masuk ke Goa Rangko yang superkewl ini agak sulit. Ini perjuangan awalnya kalau kamu sudah sampai mulut Goa.

via instagram.com/rissa_navratilova

Kalau sudah masuk, kamu bisa lihat betapa jernih dan beningnya air Goa Rangko ini!

via instagram.com/ayodolan

Nah, saatnya nyebur dan poto-poto. Dijamin, foto pose sambil ngambang di dalam Goa Rangko akan dapet likes banyak di Instagram kamu.

via instagram.com/cnlulaby

Jangan lupa bawa kamera bawah air untuk dapat hasil maksimal!

Via instagram.com/barok_traveller

Foto bareng Ray of Light juga bisa kamu lakukan saat main ke Goa Rangko. Kalau yang ini mirip sama Goa Jomblang di Jogja (hyperlink) ya?

via instagram.com/orang_flores

Berkunjung ke Goa Rangko rasanya seperti mendapatkan paket lengkap, semuanya kita dapat dari mulai Pulau Gusung, berenang di dalam Goa, sampai berfoto bareng Ray of Light. Tapi saat main ke sini kamu harus hati-hati karena konon katanya di Goa Rangko masih ada ular pemakan daging seperti ikan atau kepiting yang bersembunyi di batu-batu goa. Dan yang pasti harus selalu diingat adalah kalau traveling jangan pernah ninggalin sampah supaya tempatnya tetep indah ya!


editor
Editor Chiquita Marbun
or simply called Tita, currently pursuing higher degree in education simply just to postpone her parents-told-destiny to work in a company. You'll either find her lying under the sun by the calm beach or trying several menus on the authentic restaurant if

Rekomendasi Kami

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.