Main Tebakan Warna Air di Danau Kelimutu


Nusa Tenggara Timur - 307 Hits

Terbentuk dari letusan besar Gunung Kelimutu beratus-ratus tahun lalu, Danau Kelimutu ini sebenarnya merupakan kaldera dari Gunung Kelimutu itu sendiri. Karena waktu itu letusannya sangat gak santai, sampe-sampe bagian kerucut Gunung Kelimutu hilang dan yang tersisa hanya bagian kalderanya aja. Tapi walaupun begitu, kayaknya letusan itu justru membawa rejeki bagi daerah sekitar karena sekarang Kelimutu menjadi wisata andalan Pulau Flores bersama dengan Pulau Komodo yang baru aja naik daun. Pokoknya ada semacam perasaan yang kurang kalo main ke Flores tapi gak berkunjung ke sini. Sama halnya lah kayak berlibur ke Indonesia tapi gak mampir ke Bali.

 

Danau Kelimutu, selain disebut demikian, banyak juga orang yang menyebutnya sebagai Danau Tiga Warna. Gak salah memang, karena pada dasarnya Danau Kelimutu terdiri dari 3 danau dengan warna air yang berbeda-beda. Umumnya, warna masing-masing danau adalah Hijau Toska, Coklat Tua dan Hitam. Yang paling terkenal, ya, danau dengan warna Hijau Toska itu. Warnanya cantik dan terlihat photogenic. Gak heran kalo Danau Toska ini lah yang jadi artis di Internet ketimbang 2 saudaranya yang lain.

via instagram.com/alfitsaputro

 

Walau bagian puncaknya udah hilang, bukan berarti Gunung Kelimutu langsung pensiun dan asik leha-leha. Nyatanya, gunung ini masih terus aktif hingga hari ini. Berbeda dengan gunung-gunung lain yang aktivitasnya dilihat melalui getaran gempa, Gunung Kelimutu cukup eksklusif dalam melakukannya yaitu melalui perubahan warna-warna air danaunya. Terjadinya perubahan warna ini ya disebabkan karena adanya proses kimia dari dalam perut Gunung Kelimutu yang mana cuma Tuhan dan para peneliti yang tau mengapa bisa sampai begitu.

 

Perubahan warna air danau-danau ini menjadi semacam daya tarik sendiri karena beberapa warna memang jarang sekali kemunculannya dan terlihat luwar biasah menarik. Misalnya, danau yang memiliki warna hitam berganti warna menjadi warna putih. Cakep banget kan? Keliatannya jadi kaya cermin besar yang keren untuk difoto, tapi ya bukan selfie juga. Atau misalnya, danau yang tadinya berwarna coklat tua dapat berubah menjadi super horor karena memiliki warna merah darah. Nah untuk yang satu ini sih lebih menarik lagi karena langsung dikait-kaitin sama kepercayaan lokal yang menyebutkan kalo warna merah darah meramalkan bahwa akan terjadi bencana. Ya, selain cakep untuk difoto bisa jadi semacam alat prediksi gitu lah.

via instagram.com/alfitsaputro

 

Perubahan warna-warna air Danau Kelimutu sebenernya menambah keseruan dari acara berkunjung ke danau ini. Kita semacam bermain tebak-tebakkan kira-kira akan disambut dengan air yang berwarna apa. Tapi, fyi aja sih, perubahan warna air danau ini gak selabil sikap kamu pas masih ABG dulu. Gak yang setiap minggu apalagi setiap hari gonta-ganti warna sesuka hati. Ganjen amat. Buat contoh aja, untuk danau yang berwarna toska, terakhir berganti warna jadi biru pada tahun 2011 atau 3 tahun yang lalu. Meski begitu, bukan berarti kejutan akan warna-warna langka itu gak mungkin terjadi, ya. Secara, Gunung Kelimutu masih terus bekerja dan perubahan warna bisa terjadi kapan aja. Nah, kira-kira, saat kamu ke sana danaunya sedang berwarna apa, ya?

 

CARA KE KELIMUTU

Transportasi Umum ke Kelimutu/Moni dari:

Ende: kamu bisa naik bus seharga Rp 15.000 atau travel Rp 25.000 (2014). Perjalanan sekitar 1,5 jam. Turun di Moni.

 

Maumere: kamu bisa naik bus seharga Rp 35.000 atau travel seharga Rp 50.000 (2014). Perjalanan sekitar 4 jam. Turun di Moni.

Nah, kalo udah sampe Moni, kamu bisa pake jasa ojek ke Kelimutu. Biayanya Rp 50.000-200.000 (2014) tergantung keberuntungan. Atau biasanya ada sewa mobil kolektif dengan turis lain biayanya sekitar Rp 50.00-150.00 (2014). Tapi kalo merasa kuat, kamu bisa jalan kaki aja ya paling 1-2 jam.

 

Sewa Mobil di Kelimutu

Banyak penyewaan mobil ke Kelimutu yang melayani jasa jemput di bandara dan langsung berangkat ke Moni atau langsung ke Kelimutu. Biasanya kebanyakan dari Bandara H Hasan Haroeboesman di Ende atau Bandara Frans Seda di Maumere. Harga sewa mobil rata-rata Rp 700.00/hari sudah termasuk bensin dan supir.

 

PENGINAPAN DI KELIMUTU

Kelimutu itu Taman Nasional, jadi gak mungkin ada penginapan di sana. Nah, untuk itu kamu bisa stay di Moni, desa terdekat dari Kelimutu. Terdapat banyak sekali penginapan/homestay di Moni. Range harga dari mulai Rp 50.000-350.000 (2014) perkamar dan tergantung keahlian menawar dan masang muka melas. Misalnya, Homestay John di depan pasar rangenya Rp 100.000 perkamar untuk berdua. Tapi karena waktu itu sedang low season dan saya sendirian, maka pemiliknya dengan baik hati nurunin harga jadi Rp 50.000 (2014). Pilihan lain bisa coba di Saoria. Di sini harga permalemnya Rp 100.000 (2014).

 

TIPS

Sebenernya, yang jadi primadona wisata di Kelimutu ini adalah melihat sunrise. Nah, karena kalo mau ngejar sunrise kamu harus trekking saat masih gelap, kamu harus banget bawa senter. Trek-nya sih sebenernya udah ada, tapi lampunya itu yang belum ada jadi ya mau gak mau senter harus punya.

 

Dan yang gak kalah penting bawa air putih ya. Lumayan lah trekkingnya walau udah bagus jalannya tapi cukup nanjak. Waktu trekking sekitar 20 menit.

 

Selain itu, masih inget kan kalo Kelimutu itu adalah gunung? Nah, makannya jangan lupa bawa jaket super tebal, karena udaranya dingin ditambah hembusan anginnya yang super kenceng.


editor
Editor alfitrahmat saputro
working in an agency doesn't deter him to keep exploring Indonesia in any free time he had. As a matter of fact, he, who wanted to write a book someday, seems to always be the first person among his friends that has visited any newly-hip beach destination

Terkait

Nusa Tenggara Timur - 359 Hits

Sengsara Berujung Nikmat Ala Waerebo

Nusa Tenggara Timur - 538 Hits

8 Penginapan Unik di Labuan Bajo

Nusa Tenggara Timur - 2557 Hits

12 Kuliner Khas NTT yang Ngga Boleh Dilewatin

Nusa Tenggara Timur - 420 Hits

8 Spot Foto Prewedding Super Oke di NTT

Rekomendasi Kami

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.